BLANTERVIO103

Belajar cara mengetik 10 jari dengan benar

Belajar cara mengetik 10 jari dengan benar
Tuesday, October 7, 2014

Belajar cara mengetik 10 jari dengan benar  

Mengetik dengan cepat menjadi hal yang wajib dikuasai oleh siapapun. Dengan menguasai tekhnik mengetik 10 jari anda bisa anda bisa meningkatkan efektifitas mengetik anda dan ini sangat wajib dikuasai oleh semua orang tanpa terkecuali apalagi jika profesi anda adalah seorang pegawai kantoran yang setiap hari berhadapan dengan komputer. Belajar mengetik cepat dengan cara mengetik 10 jari bukanlah hal yang sulit kok, jika tahu teorinya ternyata sangat mudah, jadi kita tak perlu menghabiskan uang untuk mengikuti kursus cukup dengan bantuan software saja kita sudah bisa belajar melatih kepekaan jari-jari kita. Metode yang akan saya ulas dibawah ini adalah metode yang sangat mudah jadi jangan sampai dilewatkan ya?

manfaat mengetik 10 Jari

Berikut manfaat mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari :
  • Melancarkan peredaran darah pada tangan, entah yang ini benar atau tidak tetapi setelah saya belajar mengetik 10 jari rasanya jari-jari tangan tidak kaku lagi.
  • Mempercepat pekerjaan mengetik anda, yang ini jelas sekali dengan menguasai mengetik 10 jari kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.
  • Mempermudah dapat pekerjaan, ternyata banyak juga perusahaan yang mensyaratkan bisa mengetik 10 jari untuk para calon karyawan yang melamar, mungkin karena faktor efisiensinya.
  • Membuka jasa mengetik atau berjualan artikel pada para blogger atau bahkan sobat bisa menjadi blogger itu sendiri.

Siapa saja yang wajib menguasai tekhnik mengetik 10 jari?

Kalau ditanya siapa saja maka jawabannya adalah semua orang, kenapa karena sekarang kita ada di era yang berbeda dari jaman perang, keterampilan itu wajib kita miliki karena kemampuan mengetik 10 jari sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pelajar, mahasiswa, dan karyawan pasti tidak bisa lepas dari yang namanya dunia komputerisasi.

Cara Gampang Ngetik 10 jari

Dalam hitungan ke 10 anda harus mengerjakan apa yang saya katakan ( oh, tidak – tidak ) , Kelamaan kalo harus tunggu hitungan ke 10 !!. Sekarang juga, bila anda ingin bisa ngetik dengan 10 jari lakukan yang saya katakan berikut ini.
Yang pertama harus anda lakukan adalah meletakan tangan anda di atas keyboard atau papan ketik lalu sesuaikan jari – jari anda seperti pada gambar di atas.
Berikutnya yang harus anda lakukan adalah menghafal huruf apa saja yang boleh di ketik oleh jari – jari tangan kanan dan kiri anda. Huruf Apa – apa saja kah itu? Mari kita lihat :


  • Jari – Jari Tangan Kanan

Jari Kelingking          : Digunakan untuk mengetik huruf P, tanda titik koma dan tanda slash
Jari Manis                : Untuk ngetik huruf L,O tanda titik dan angka 9
Jari Tengah               : Digunakan untuk mengetik huruf I,K,tanda koma dan Angka 8
Jari Telunjuk             : Untuk ngetik huruf huruf Y,U,H,J,B,N,M dan Angka 6,7
Jempol  atau Ibu jari : Digunakan untuk mengetik space bar dan alt.


  • Jari – Jari Tangan Kiri

Jempol  atau Ibu jari  : Digunakan untuk mengetik space bar dan alt sama seperti ibu jari tangan kanan.
Jari Telunjuk              : Untuk ngetik huruf R, F,T, V, G, B, Y dan Angka 4,5,6
Jari Tengah                : Digunakan untuk mengetik huruf E,D, C dan Angka 3
Jari Manis                 : Untuk ngetik huruf huruf W,S,X dan Angka 2
Jari Kelingking           : Digunakan untuk mengetik huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock

Untuk pemula di awal-awal belajar ngetik 10 jari akan terasa susah, karna jari – jari kita masih kaku dan belum terbiasa untuk mengetik 10 jari, apalagi pada bagian jari kelingking, pasti akan terasa kaku dan sulit.

Tapi percayalah biasakan mengetik sesuai dengan tutorial diatas, cepat lambat pasti sobat semua akan merasakan perubahannya, sobat semua akan lebih mahir mengetik tanpa memandang keyboard dan hanya melihat ke monitor saja.
Ok, terimakasih kepada pembaca semua, semoga ini akan selalu memberikan solusi – solusi yang bermanfaat buat pembaca semua.

Metode belajar cara mengetik 10 jari

Posisi jari tangan pada keyboard

Ingin bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari bisa kita pelajari dengan mudah jika tahu teorinya. Yang pertama adalah penataan jari-jari kita terhadap keyboard jika telah mengerti peletakan jari dengan benar mengetik cepat dengan memejamkan matapun bukan hal yang mustahil.

Posisi peletakan tangan mengetik 10 jari pic

Dari gambar diatas kita bisa tahu bagaimana peletakan jari yang tepat.

Latihan mengetik manual

Belajar mengetik secara manual bisa kita lakukan dengan belajar mengetik kata berikut ini:

The quick browns fox jump over the lazy dog

Blowzy red vixens fight for a quick jump


Latihan mengetik menggunakan software

Ada banyak software berbayar maupun yang gratis yang bisa kita pakai tetapi saya lebih menyarankan yang gratis saja karena walaupun gratis software berikut tidak kalah dengan yang berbayar.
  • Stamina Typing Tutor download disini
  • Rapid Typing Tutor download disini
  • Kiran's Typing Tutor download disini

Latihan mengetik secara online

layanan online yang bisa dipakai untuk belajar sekaligus dapat mengukur kemampuan mengetik anda misalnya :
http://www.typeonline.co.uk

Latihan mengetik menggunakan game

Bosan dengan cara manual atau bantuan software? Anda juga bisa belajar mengetik 10 jari dengan bantuan game yang lebih menyenangkan. Bisa juga untuk belajar adik atau anak anda sehingga mereka bisa belajar sambil bermain yang pastinya tidak membosankan dan lebih menyenangkan.
Berikut daftar game yang bisa digunakan:
  • Typer Shark Deluxe (shareware) infonya disini
  • 99 game mengetik secara online (freeware) disini

Dari keempat latihan diatas pastikan anda telah paham benar dengan posisi atau peletakan jari anda pada keyboard. Terimakasih telah membaca sedikit ulasan saya tentang belajar cara mengetik 10 jari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!
Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

5838955342333883808