BLANTERVIO103
Wednesday, October 8, 2014




Gambar diatas adalah gambar kawasan patung pak tani kira kira 100 tahun yang lalu, sepi banyak pohon besar. Ketika itu ente dimane yee… masih di alam sono. Dibawah ini adalah kawasan patung pak tani di tahun 2008 dilihat dari arah yang sama. Sekarang  sekitar patung pak tani sudah dipenuhi gedung tinggi, dan kendaraan yang ramai.
salemba_dulu.jpg


Kalau yang ini adalah gambar jalan Salemba di zaman dulu, masih sepi. Kayanya jauh dibawah tahun 1945, karena sekitar tahun 1945 sudah ada jalan trem, disini jalan tremnya belum ada. Mungkin gambar ini diambil 100 tahun yang lalu. Ketika itu kita semua juga belum lahir. Jalannya juga masih dari sirtu (pasir dan batu). Sekarang jalan raya Salemba sudah dipenuhi bangunan dikiri kanan jalan, ramai dengan kendaraan dan orang yang lalu lalang. 100 tahun lagi jalan Salemba Raya kaya apa ya??. Kita juga udah nggak ada di dunia ini kali.
salemba_skrg.jpg
petamburan_dulu.jpg


Tempo dulu Jakarta sangat sepi, rumahnya jarang- jarang. Kawasan diatas adalah gambar daerah  Petamburan Tanah Abang tempo doeloe. Sekarang Jakarta sudah padat dipenuhi rumah penduduk dan gedung pencakar langit Gambar dibawah ini adalah daerah perumahan disekitar Petamburan  dilihat dari arah RS Harapan Kita. Nun jauh disana terlihat gedung pencakar langit dikawasan Sudirman dan jalan Tamrin. Demikianlah Allah mengembang  biakan manusia dimuka bumi. Jakarta yang dulu sepi kini dipenuhi rumah, bangunan dan manusia dengan berbagai profesi.
petamburan_skrg.jpg
pancoran_dulu.jpg


Kalau yang ini adalah kawasan bundaran Pancoran sekitar tahun 1965, masih sepih tidak banyak kendaraan mobil dan motor yang lalu lalang. Sebelah kiri arah Jalan Dr Saharjo Manggarai, lurus arah ke Cawang dan kekanan arah Kali bata, Pasar Minggu. Foto ini diambil dari arah Kuningan. Disebelah kanan terlihat halte bis di depan gedung MBAU tempo dulu. Dibawah ini bisa kita lihat suasana sekitar tugu Pancoran saat ini  dilihat dari beberapa arah.
pancoran_1.jpg


Disebelah kanan  adalah patung Pancoran sekarang ini dilihat dari arah jalan Dr Saharjo , dan gambar kiri patungnya nggak kelihatan karena diambil dari dari kolong jembatan layang. Patung pancoran hanya kelihatan tiangnya saja.
pancoran_2.jpg


Kedua foto diatas adalah patung Pancoran dilihat dari arah Kalibata Pasar Minggu, kalau pagi hari jalannya macet parah.
pancoran_3.jpg


Kalau yang ini adalah foto patung Pancoran diambil dari arah Kuningan, sama seperti foto yang diambil pada tahun 1965 diatas. Patung pancoran sudah dikelilingi bangunan tinggi dan terjepit diantara dua jalan layang. Kondisi jalan disekitar patung pancoran ini kalau pagi atau sore hari padat merayap.
pancoran_4.jpg


Ini adalah suasana di depan bekas gedung MBAU dekat halte bis yang terlihat pada foto patung Pancoran tempo doeloe, suasananya jauh sekali berbeda. Sekarang kalau pagi dan sore hari saat orang berangkat dan pulang kerja, jalanya macet sekali alias padat merayap. Kalau suasana Jakarta masih kaya dulu, wuuaah asyik banget, kemana saja dengan kendaran mobil atau motor bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Sekarang untuk menempuh jarak 2 km saja bisa butuh waktu sampai setengah jam, pakai motor atau mobil sama saja. Kenangan indah dimasa lalu memang tidak akan pernah kembali. Jakarta terus tumbuh dan berkembang, bagaimana suasana 50 atau 100 tahun lagi?, entahlah.
Selanjutnya berikut dibawah ini adalah video suasana jakarta pada tahun 1941 saat masih dijajah Belanda, yang mengendarai mobil hanyalah tuan tuan Belanda. Pribumi cukup berjalan kaki atau naik delman dan beca saja. Dijakarta masih terlihat trem listrik yang berjalan dijalan raya bersama kendaraan mobil umum.
JAKARTA TAHUN 1941
Berikut ini adalah rekaman video suasana  jakarta yang lebih tua lagi kira kira 1oo tahun yang lalu sekitar tahun 1910. Suasananya betul betul masih sepi .
JAKARTA TAHUN 1910-1915


Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

5838955342333883808