BLANTERVIO103

SEJARAH MORSE

SEJARAH MORSE
Tuesday, October 21, 2014


Kode Morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse danAlfred Vail pada tahun 1835. Kode Morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode Morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka. Kode Morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.


Kemampuan menerima dan mengirimkan kode Morse merupakan salah satu dari kecakapan yang dapat menerima Tanda Kecakapan Khusus. Kode Morse juga digunakan sebagai kunci dalam memecahkan Sandi Rumput. Kode yang paling terkenal dalam Kode Morse adalah SOS (... --- ...), yaitu kode yang biasanya digunakan untuk memanggil bantuan oleh para pelaut jika kapal mereka terjebak dalam bahaya. Kode Morse juga digunakan oleh para radio amatir untuk berkomunikasi, keuntungan penggunaan kode Morse pada komunikasi radio adalah alat yang digunakan sangat sederhana, dan pancaran gelombang radio akan lebih jauh jika menggunakan kode Morse dibandingkan dengan gelombang radio yang ditumpangi suara (audio).

Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode Morse. Pengelompokan tersebut antara lain alfabet dengan kode Morse yang berkebalikan antara titik dan garis, misalnya huruf K yang diwakili oleh (-.-) berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh (.-.) dan alfabet dengan kode Morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh (.-) dan huruf N yang diwakili oleh (-.). 

Sejarah Penemuan Kode Morse

Sebelum telepon, komputer dan telegraf ditemukan, manusia membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dalam menyampaikan pesan sampai di tujuan. Samuel Morse, terkenal sebagai penemu pesawat telegraf dan sandi Morse yang terkenal, sandi yang terdiri dari titik dan garis. Dia juga merupakan seorang seniman yang ulung dan seorang politikus. 

Samuel Finley Breese Morse, itulah nama lengkap Morse. Ia dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, luar kota dari Boston, Massachusetts. Sejak berumur empat tahun, Morse sangat tertarik pada menggambar. Saat belajar di Yale College pun, Morse bukanlah siswa yang berbeda dengan yang lain, dan ketertarikannya timbul saat mengikuti kuliah tentang perkembangan terbaru tentang kelistrikan, akan tetapi dia merasa lebih nyaman bila menggambar potret-potret miniatur.

Saat Samuel Morse berada di Royal Academy di London, gurunya selalu mensupport untuk mengikuti sebuah kontes seni lukis. Dia berhasil memenangkan medali emas. Akhirnya, Morse berhasil menemukan apa yang terbaik untuk dirinya. Dia mulai menggambar foto-foto orang-orang di Eropa. Pada tahun 1818, dia menikah, dan kemudian memiliki dua orang putra dan seorang putri. Pada tahun 1825, istrinya meninggal karena masalah jantung. Morse bahkan tidak mengetahui apa yang terjadi pada istrinya, dan kapan dia meninggal.

Pada bulan Oktober 1832, Morse dan keluarganya berlayar pulang dengan kapal bernama Sully. Morse mendengar percakapan tentang elektromagnet yang baru ditemukan, dan kemudian mucul dalam benaknya konsep tentang telegaf elektrik. Pada tahun 1835, dia berhasil menciptakan model telegraf pertamanya, yang dioperasikan di gedung Universitas New York. Pada tahun 1837, Morse mendapatkan dua orang partner yang membantunya mengembangkan telegrafnya. Mereka adalahLeonard Gale dan Alfred Vail, mereka membantu Morse dalam pembuatan model telegraf yang lebih baik. Dengan pertolongan teman-teman barunya, Morsemengajukan paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837, yang dijelaskannya termasuk sebuah sandi yang terdiri dari titik dan garis untuk mewakili angka-angka dan sebuah kamus untuk mengubah angka-angka tersebut menjadi kata-kata.

Pada tahun 1838, dalam sebuah eksebisi tentang telegrafnya di New York, Morsementransmisikan sepuluh kata per menit. Dia menggunakan kamus angka-kata miliknya, dan menggunakan sandi titik-garis untuk menulis surat secara langsung. Walaupun kelak akan berubah secara detail, sandi Morse menjadi standar yang digunakan di seluruh dunia. Pada tahun 1846, perusahaan-perusahaan swasta menggunakan paten Morse, telah membangun jaringan telegraf dari Washington, mencapai Boston dan Buffalo, dan bahkan dikembangkan lebih jauh.

Selamat Tinggal Pita Kertas

Mesin telegrap waktu itu mengeluarkan suara “klik” setiap ada sinyal yang dikirim. Operator menyadari hal itu dan mencoba menuliskan langsung kode yang mereka dengan tangan. ternyata cara itu lebih cepat dan membuat telegrap lebih sederhana, karena tidak membutuhkan pita kertas dan stensil lagi. Mulailah suara sinya itu digunakan menggunakan gelombang radio. Pada masa ini kode morse banyak dipelajari dan dihafalkan.
Untuk mempermudah, suara penerima kode morse dibedakan jadi 2, “dit” untuk titik dan “dah” untuk garis.

Perkembangan Lebih Jauh

Pada tahun 1890, kode morse mulai banyak digunakan untuk komunikasi radio, sebelum teknologi radio bisa mengirimkan suara. pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 komunikas kilat kebanyakan menggunakan kode morse, baik yang dikirim menggunakan kabel telegrap, saluran kabel bawah laut, maupun sinyal radio. Dari tahun 1910 hingga 1930-an banyak yang mulai mencoba berkomunikasi menggunakan kode morse dari pesawat terbang.
Hingga pada awal tahun 1930-an, baik pilot militer maupun sipil memanfaatkan kode morse berupa kombinasi 2 atau 3 huruf untuk identifikasi pesawat mereka. Identifikasi itu dibutuhkan untuk mengetahui lokasi tiap pesawat pada peta.
Pada Perang Dunia kedua, kode morse menjadi kode yang sangat vital. Untuk mengirimkan pesan antar pasukan, dari kapal perang dengan pelabuhan, hingga yag terpenting para mata-mata untuk melapor langsung ke markas. Penggunaan kode ini dinilai murah. tentu saja setiap negara memiliki kode enkripsi sendiri-sendiri (semacam sandi-sandi dalam Pramuka).
Alasan lain menggunakan kode morse adalah pengirimannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan sambungan telepon. Padahal perkembangan teknologi peperangan semakin tinggi dan pergerakan pasukan jadi lebih cepat melebihi kecepatan koneksi sambungan telepon.

Mulai Ditinggalkan

Kode morse masih digunakan sebagai cara berkomunikasi standard di dunia maritim hingga tahun 1999, hingga akhirnya digantikan oleh Global Maritime Distress Safety System. Pada 31 januari 1997, kapal angkatan laut Perancis yang tenggelam mengirim kode morse yang dibaca, ” Calling All. This is our last cry before our eternal silence”. Penjaga Pantai Amerika berhenti memonitor frekuensi radio untuk kode morse.


Alat dan Cara Pengiriman Isyarat dengan Morse :

Kita mengenal berbagai macam cara dan alat untuk menyampampaikan isyarat morse antara lain sebagai berikut
                ALAT                                                               CARA
Peluit                                                      :             Bunyi Panjang dan Pendek
Bendera                                                  :            Kibaran Panjang dan Pendek
Api/ Cahaya                                            :            Nyala Pendek dan Panjang
A s a p                                                     :          Gumpalan Kecil dan Besar
Telegrap                                                   :          Tulisan Titik dan Garis
Cermin dengan bantuan cahaya matahari    :         Sinar Sebentar dan Lama
Trik cepat hapal morse
Kadang kita kesulitan menghapal atau mengingat kembali isyarat morse, padahal besok mau ikut lomba Galang apalagi jarang berlatih secara periodic. Berikut ini tips menghapal morse dengan cepat. Lihat gambar di bawah ini :
Petunjuk Penggunaan :
  1. Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan, dan kiri.
  2. Cara membacanya dari atas ke bawah.
  3. Blok putih menunjukkan kode titik (  . ) dan blok hitam kode strip (  – ).
  4. Contoh sebelah kiri: Jika isyarat menunjukan satu kali putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E.Contoh lain : ( dibaca dari atas, ya ) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik ( …. )Berarti huruf H.Contoh lagi : hitam-hitam-putih artinya 2 strip 1 titik (  – – . ) berarti huruf G
  5. Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip ( Hitam ). (Cro)

Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

5838955342333883808