BLANTERVIO103

Perlengkapan Hiking Yang Wajib Dimiliki Pendaki

Perlengkapan Hiking Yang Wajib Dimiliki Pendaki
Tuesday, October 21, 2014

Kegiatan hiking bukanlah seperti kegiatan outdoor biasa, ini kegiatan yang selain menguras tenaga, juga membutuhkan perlengkapan lengkap yang ngga sedikit. Saya janji sekitaran beberapa bulan lalu untuk menulis beberapa perlengkapan hiking berdasarkan pengalaman saya sebagai pendaki dan juga gears umum yang sudah sering dibahas diberbagai forum pendaki. Jadi, berikut adalah sedikit panduan mengenai perlengkapan minimal yang perlu dibawa dalam setiap pendakian untuk mempermudah hidup kita semua ketika sedang jauh dari peradaban.
1. Jas hujan
Indonesia adalah negara tropis yang sering kali hujan tiba-tiba, nah bagi kamu yang tidak memiliki bakat sebagai pawang hujan, maka jas hujan adalah bawaan wajib ketika kamu mendaki. Lebih baik jas hujan yang sekalian ada celananya, digunung bukanlah hujan biasa yang kamu temui, tetapi hujan badai dengan butiran cinta sebesar batu sungai (kalau ponco cuma bikin keblabasan)
Harga: sekitar 80.000 (beli di toko bangunan)
2.  Trash Bag
Penting, selain membungkus dompet (mungkin ada foto pacar), kamera dan barang elektronik lainnya, trash bag juga berguna untuk membungkus sampah agar bisa diturunkan saat selesai mendaki. Pencinta alam tidak boleh membuang sampah sembarangan di gunung.
Harga: minta sama penjual kelontong samping rumahmu.
3.  Rain Cover / bag cover
Penting untuk mencegah carrier dari kebasahan yang otomatis melindungi isinya, proteksi terhadap ranting, dan menjaga keawetannya. Alternatif lain, menggunakan kantung plastik es besar sebagai lapisan dalam carrier.
Harga: 50.000 merk cosmed seperti punya saya (beli di toko adventure)
4.  Gaiter
Gaiter adalah pelapis bagian luar kaki yang berfungsi untuk mencegah serangan lintah dan menjaga kaki pendaki dari goresan ranting-ranting tajam. Fungsi lain: asesoris kaki supaya tambah ganteng.
Harga: 50.000 merk karimor seperti punya saya (beli di toko adventure)
5.  Baterai Cadangan
Untuk senter kalau sewaktu-waktu baterai habis. NB: jangan bawa baterai AKI, karena hal itu sama sekali tidak berguna.
Harga: 15.000/3 batang baterai Alkaline
6.  Kaos Kaki
Selain untuk menghindari lecet kaki karena bergesekan terus-menerus dengan sepatu sewaktu mendaki, kaos kaki juga berfungsi untuk menghangatkan kaki.
Harga: tanya mama!
7.  Sarung Tangan
Sarung tangan bisa menghindarkan lecet/luka pada tangan ketika sedang mendaki, dan juga membantu dalam menjaga kehangatan tubuh pendaki.
Harga: 10.000-15.000, beli dimana saja ada.
8.  Sepatu Hiking
Aturan dasar dalam memilih sepatu hiking sebenarnya simple: tahan air, menutupi mata kaki (untuk menghindari luka keseleo pada urat kaki), memiliki sol yang bisa mencengkram tanah/batu, ringan, dan berbahan kuat. Pengalaman saya: saya menggunakan sepatu beltcow dan Adidas, keduanya cukup memuaskan.
Alternatif lain kalau tidak punya sepatu hiking, boleh menggunakan sepatu sport yang sol-nya serupa dengan sepatu hiking, atau mau lebih berani boleh pakai sepatu bola.
Harga: 500.000-1.000.000 (beli di toko adventure)
9.  Sleeping Bag
Demi kenyamanan tidur, demi keselamatan nyawa dari hipotermia, demi si dia yang telah menunggu, bawalah sleeping bag. Kalau tidak punya, boleh bawa kain sarung minimal 3 potong.
Harga: 150.000-250.000 (beli di toko adventure)
10.  Matras
Sebagai alas duduk/tidur, karena kondisi tanah gunung yang terkadang tidak rata serta lembab.
Harga: 30.000-50.000
11.  Senter
Saya sarankan untuk membawa senter kepala seperti yang dipakai oleh dokter-dokter Sp.THT-KL. Jangan menggunakan senter tangan, apalagi senter hape, karena itu mengganggu tanganmu yang sedang aktif mendaki.
Harga: 50.000 (atau tanya langsung ke toko terdekat dari rumahmu)
12.  Backpack
Ada banyak merek backpack yang ada di pasaran.  Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih backpack yang kamu bawa adalah tinggi badanmu, jenis kelamin, dan ketinggian gunung yang sering kamu daki.
Saya pribadi punya 2 carrier yang saya sesuaikan dengan tinggi/lama pendakian. Kalau cuma 2 hari, saya hanya menggunakan carrier 35L, sedangkan lebih dari 2 haru saya gunakan carrier 60L.
Kalau kamu cewek, gunakan carrier yang didesain khusus cewek (tentu saja lekukan body protect dan warna disesuaikan dengan cewek).
Alternatif lain: kalau tidak punya carrier, boleh menggunakan tas kuliah asal kuat, nyaman dan pastinya mampu menampung gear yang dibawa. Ingat, tas, bukan karung beras.
Harga: 300.000-1.000.000 (beli di toko adventure)
13.  Celana Gunung
Syaratnya: kuat/tidak mudah sobek dibagian pantatnya, ringan, dan mudah kering. Jangan menggunakan jeans, karena berpotensi lecet kulit akibat gesekan kontinu.
Harga: 75.000-250.000
14.  Jaket
Tidaklah berlebihan kalau saya sebutkan bawah gear ini-lah yang paling penting di gunung, karena jaket membuat kami terhindar dari suhu gunung yang ekstrim, terhindar dari cidera lecet, terhindar dari kebasahan, dan membuat kamu tambah ganteng saat di foto.
Jaket gunung hendaklah terbuat dari bahan tahan hujan, nyaman dipakai, tidak menyulitkan saat bergerak.
Harga:250.000-500.000 (beli di toko adventure)
15.  Tongkat Hiking 
Tongkat hiking berguna untuk berbagi beban tubuh + bawaan sewaktu kita naik/turun gunung.  Selain itu, ketika dengkul kita sakit, tongkat hiking juga bisa membantu pada saat berjalan.  Tongkat hiking yang baik adalah tongkat hiking yang memiliki pegas pada ujungnya untuk meredam benturan ketika kita berjalan. Kalau tidak punya, silahkan gunakan tongkat kayu sebagai alternatif.
Harga: tanya ke toko adventure (atau pakai kayu, gratis)
16.  Makanan
Pada dasarnya, makanan yang disarankan untuk dibawa pada saat pendakian adalah makanan yang praktis, memberi banyak kalori (sesuai pedoman 4 sehat 5 sempurna berdasarkan kementrian kesehatan) untuk mengganti tenaga kita yang terbakar pada saat beraktifitas, dan jangan lupa: tidak terlalu meninggalkan banyak sisa sampah!
  1. Sarden
  2. Beras
  3. Ikan teri atau ikan asin
  4. Permen
  5. Roti gandum
  6. Mie instan
  7. Coklat
  8. Snack
  9. Dan lain-lain (disesuaikan dengan selera)
Harga: sesuaikan, gratis kalau pacari tukang kelontongan.
17.  Sandal Jepit
Kecuali kamu ada niatan bolak-balik di sekitar area perkemahan dengan menggunakan sepatu hiking, sandal jepit adalah alas kaki yang simple dan santai pada saat beristirahat. Syarat sandal jepit: ringan dan simple supaya tidak menambah beban carrier dan memakan banyak ruang.
Harga: gunakan sendal jepit kamu dirumah.
18.  Sabun
Untuk mandi dan mencegah teman sekelompok kabur karena tidak tahan dengan bau badan kamu!  Disarankan untuk membawa sabun cair, karena selain praktis dalam penggunaannya, juga mudah sewaktu dibawa dalam perjalanan.
Harga: tergantung merk
19.  Celana dalam ganti
Untuk terhindar dari kurap, dan sebangsanya yang bikin kamu trauma untuk naik gunung lagi.
Harga: tergantung merk dan ukuran yang kamu gunakan.
20.  Sikat gigi + Pasta gigi
Biar gak malu ngobrol sama kenalan pendaki di atas nanti!. NB: Wajib bagi pendaki jomblo. Jangan lupa, selalu gunakan pasta gigi ramah lingkungan agar anak-anak kita masih bisa menikmati alam yang kita nikmati sekarang!
Harga: sesuaikan dengan kualitas gigi kamu.
21.  Alat tulis
Untuk menulis apapun, misalnya puisi (yang terkadang muncul inspirasi tiba-tiba saat mendaki).
Harga: Indomaret!
23.  Kaos ganti
Pakaian simple dan nyaman, siapkan selalu kaos yang bersih dan kering untuk kenyamanan sepanjang perjalanan.  Baju yang digunakan dan basah oleh keringat juga perlu diganti secepatnya untuk mencegah rasa dingin.
Harga: sesuaikan
24.  Peralatan makan
Peralatan makan kecil-kecil dan biasanya terbuat dari bahan plastik, perlu dibawa masing-masing, agar semua bisa makan berbarengan selama makanan/minuman yang tersedia masih hangat (tidak perlu menunggu teman selesai makan dulu baru bisa makan)
Harga: Bisa nyolong di dapur.
25.  Handuk kecil
Untuk mengelap keringat, pengering tubuh ketika basah baik karena hujan ataupun setelah mandi.
Harga: minta sama mama.
—-

http://badaiselatan.com/2013/12/perlengkapan-hiking-yang-wajib-dimiliki-pendaki/
Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 komentar:

  1. Hiking itu paling seru kalau sama temen2 yang saling mengerti. Perlengkapan hiking emang harus lengkap termasuk kompas😉

    ReplyDelete
5838955342333883808