BLANTERVIO103

cara download file dari google cassroom

cara download file dari google cassroom
Sunday, May 10, 2020

Download file google classroom

download google classroom
google classroom merupakan media pembelajaran online yang di miliki oleh google. google classroom banyak di manfaatkan oleh guru guru dalam menunjang pembelajaran online, dimana dalam google classroom memiliki tampilan yang sederhana dan juga mudah di pahami baik untuk guru maupun siswa. guru dapat memberikan materi dan dapat  memberikan tugas kepada seluruh siswa dalam satu kelas secara langsung dan bersamaan.

pada dasarnya google classroom terintegrasi dengan google drive pada akun gmail yang kita miliki untuk di daftarkan pada google classroom. file file yang kita upload sebagai tugas akan otomastis tersimpan juga pada google drive. tetapi ketika guru mengirim file tidak otomatis tersimpan pada google drive kita. berikut ini cara untuk mendownload materi yang di berikan oleh guru :

  • buka postingan materi
post materi
saat guru memberikan materi akan muncul tampilan seperti ini. ini merupakan postingan materi yang diberikan oleh guru kepada siswa. file nya bisa berupa word document atau pun juga bisa sebagai pdf.pada umum nya file tersebut hanya bisa di lihat saja, tidak bisa di download.

  • buka materi 
silahkan kalian buka materi yang akan di download dengan menggunakan shortcut "ctrl + klik kiri" maka materi akan tampil pada tab baru seperti pada gambar. pada tab ini kalian hanya bisa melihat lihat materi yang di berikan oleh guru. Biasanya materi yang di berikan dalam bentuk word maupun pdf.


  • Klik tambah ke drive saya

Pada bagian pojok kanan atas terdapat banyak pilihan menu. Pilih "tambah ke drive saya" untuk menyimpan file materi yang di berikan guru tersimpan ke drive pribadi kita.


  • Pilih drive saya

Pilih drive saya untuk menyimpan file ke google drive. Bisa juga pilih drive bersama, yaitu penyimpanan yang bisa di akses dengan akun google yang lain secara bersamaan dan juga saling update.

  • Pilih folder

Pilih folder bertujuan untuk kita dapat mencari dokumen materi agar lebih mudah untuk di temukan. Bisa juga agar tidak tercampur dengan pelajaran lagin dengan membuat folder baru dengan nama sesuai mata pelajaran atau pun mata kuliah. Jika ingin membuat folder baru tingal pilih di pojok kiri bawah "new folder"


  • Tambahkan pintasan disini

Setelah itu klik tambah pintasan disini. Maka otomatis file sudah tersimpan pada google drive dan juga folder yang telah di tentukan. Selanjutnya kalian bisa download file tersebut dengan membuka google drive kemudian pilih file kemudian kik kanan lalu pilih "download"

Sekian tutorial download file dari google classroom dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin menyimpan file secara ofline agar dapat belajar dimana saja walau tanpa komputer terkoneksi dengab internet.




Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 11 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya, jadi gak ribet yah kalau sudah punya salinan materi pelajarannya, tinggal buka aja di drive sendiri :)

    ReplyDelete
  2. saat musim pandemi sekarang google classroom ini sangat direkomendasikan untuk guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran online. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  3. Mantaaps sayaa baru tahu lewatt artikel ini

    ReplyDelete
  4. baru tahu kalo ada trik ini, thanks mas

    ReplyDelete
  5. Mantap kak, info baru buat saya

    ReplyDelete
  6. aku baru dengar istilah google classroom. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  7. Nice info.. detail banget.... Perlu banget nih info-info kaya gini apa lagi saat belajar dari rumah sedang di anjurkan.

    ReplyDelete
  8. Mantep dah min, soalnya dalam pembelajaran sekolah smk juga sering banget pake ini aplikasi.

    ReplyDelete
  9. Mantep dah min, soalnya dalam pembelajaran sekolah smk juga sering banget pake ini aplikasi.

    ReplyDelete
  10. Cara cari cari akhirnya Nemu juga ni artikel, terimakasih mas

    ReplyDelete
  11. Kemarin kami kuliah online, pakai platform ini juga. Sempat bingung gimana cara downloadnya, eh saya pencet tombol printer nah ada tempat ngesave nya. Baru bisa ternyata haha

    Pakai tanda tambah yang drive itu juga bisa ya, belom saya coba hehe

    ReplyDelete
5838955342333883808